Penulis / NIM
SITAWATI NANGUNE / 151417089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nangune, Sitawati. 2021. Meningkatkan kemampuan menulis puisi Melalui Media Lagu Anak-anak Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Faklutas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M. Hum dan pembimbing II Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalahnya yaitu sebagian siswa belum mampu menulis puisi, Apakah melalui Media Lagu Anak-anak Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN I Bulango Selantan Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan? penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui Media Lagu Anak-anak pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika guru menggunakan Media Lagu Anak-anak maka kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN I Bulango Selatan akan meningkat.
Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dari 15 siswa ada 11 orang yang mampu atau 73,33% dan yang tidak mampu ada 4 orang atau 26,67%. Sedangkan pelaksanaan siklus II pertemuan II ada 13 siswa yang mampu atau 86,66% dan yang tidak mampu 2 siswa atau 8,66%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa dengan melalui Media Lagu Anak-anak kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan telah meningkat.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Media Lagu Anak-anak
Download berkas