Penulis / NIM
NUR NISFA MUTIA MAHMUD / 151417090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Nur Nisfa Mutia Mahmud 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Melalui Model Mind Mapping di Kelas V SDN 94 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin NovitaArifin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Apakah melalui model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDN 94 Kota Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk"Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air melalui model Mind Mapping di kelas V SDN 94 Kota Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 16 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minamal 80% hasil belajar keseluruhan siswa mencapai nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping yang diterapkan di kelas V SDN 94 Kota Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu sebesar 43,75%. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 87.5% artinya terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian ini yaitu dengan model pembelajaran Mind Mapping siswa mampu membuat peta pikiran dengan cara mencatat materi pelajaran yang kreatif, efektif, dan bisa memetakan ide-ide juga sangat sederhana serta siswa menjadi lebih memperhatikan materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Mind Mapping
Download berkas