Penulis / NIM
ANISA ISMAIL / 151417091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Anisa, Ismail. 2022. Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Metode Pemberian Tugas Pada Pembelajaran IPS Dikelas Tinggi SDN 9 Tilango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS di Kelas Tinggi SDN 9 Tilango Kabupaten Gorontalo?; (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS di Kelas Tinggi SDN 9 Tilango Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS dikelas tinggi SDN 9 Tilango yang berada di kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan metode Kualitatif. Variabel pengumpulan data terkait perencanaan, proses dan evaluasi guru kepada peserta didik. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah dan wali kelas di SDN 9 Tilango Kabupaten Gorontalo, yaitu wali kelas IV, V, dan VI SDN 9 Tilango. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan mendapatkan hasil guru sudah berusaha menciptakan kelas yang aktif dan tidak membosankan dengan menggunakan metode pemberian tugas. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di SDN 9 Tilango, guru lebih cenderung memberikan tugas ketika peserta didik akan pulang, dan lebih banyak mengerjakan di rumah tetapi dengan minimnya buku sehingga peserta didik harus saling meminjam antar teman sebayanya. Sedangkan, disekolah hanya memiliki waktu belajar yang lebih sedikit dibandingkan sebelum adanya pandemi, hal tersebut membuat metode ini sering dipakai tetapi kurang maksimal karena hanya diberikan lalu dinilai ketika disekolah ada beberapa fase yang tidak fase pemberian tugas yang tidak terlaksanakan
Kata Kunci : Guru, Pemberian Tugas, Pembelajaran IPS
Download berkas