SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR`AIN MARDOAN / 151417092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK Mardoan, Nurain. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SDN 94 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M,Ed. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi di kelas IV SDN 94 Kota Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SDN 94 Kota Utara. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil evaluasi pembelajaran siswa pada siklus I dari jumlah siswa 16 orang yang mencapai standar ketuntasan minimal yaitu 7 orang atau 43,75% dan 9 orang belum mencapai standar ketuntasan minimal atau 56,25%, hal ini menunjukkan belum optimal sehingga perlu dilakukan refleksi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus ke II. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar pada muatan pelajaran IPA materi Sumber Energi, dari 16 orang siswa, sebanyak 14 orang atau dengan presentase 87.5% berhasil meraih nilai di atas kriteria ketuntasan minimum atau tuntas, sedangkan untuk yang tidak tuntas hanya 2 orang atau presentase 12.5%, artinya terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75%. Sehingga Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi Sumber Energi. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Snowball Throwing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011