Penulis / NIM
MIRANDA ABDULLATIF BAKARI / 151417093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Miranda Abdullatif Bakari. 2022.Pengaruh Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Dan Pengaruhnya Di Kelas IV SDN 03 Tilongkabila. Skripsi. JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Dan Pengaruhnya Di Kelas Kelas IV SDN 03 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent group design. Peneltian ini menggunakan teknik pengum`pulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 39 orang.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 0,05 dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan kurang dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa dikelas IV SDN 03 Tilongkabila.
Kata Kunci : CLIS , Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran
Download berkas