Penulis / NIM
ADE TASRIANI ENTO / 151417094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Ade Tasriani Ento. NIM. 151 417 094. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II. Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui pendekatan kontekstual pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo akan meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap obervasi dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian siklus I yaitu sebanyak 14 siswa atau 63,64% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan dianggap sudah paham dan sebanyak 8 siswa atau 36,36% yang memperoleh nilai di bawah KKM 75 ke atas dan dinyatakan tidak paham, nilai rata-rata kelas sebesar 69,54%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 18 siswa atau 81,8% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan dianggap sudah paham dan sebanyak 4 siswa atau 18,2% yang memperoleh nilai di bawah KKM 75 ke atas dan dinyatakan tidak paham, nilai rata-rata kelas sebesar 79,55%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah melalui pendekatan kontekstual pada siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah : Pendekatan Kontekstual
Download berkas