Penulis / NIM
RISTI RAHYUSPINA S. LAIYA / 151417104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Risti Rahyuspina S. laiya. 2021. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran word square pada muatan pkn di kelas V SDN 6 Bulango Utara. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar M.Pd . Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi S.Pd., M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 11 siswa kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango, yang hasil belajarnya memenuhi KKM dalam pembelajaran PKn sebanyak 3 siswa atau 27%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 7 siswa atau 64% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 10 siswa atau 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square pada muatan PKn dapat meningkatkan wawasan persatuan dan kesatuan siswa kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Hasil Belajar, Word Square.
Download berkas