SKRIPSI

Penulis / NIM
WINI WAHDANYAH BABA / 151417114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Wini Wahdanyah Baba. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kecamatan Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran game edukasi pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. (2) Mengetahui kelayakan media game edukasi berbasis android pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono. Subjek penelitian adalah salah satu sekolah yang berada di kecamatan Suwawa yaitu SDN 2 Suwawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian dan pembahasan ini yaitu: a) Tahapan penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan oleh Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah namun dibatasi hanya sampai pada 5 langkah yaitu; 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Prmoduk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain. b) Produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar. Media yang dikembangkan telah melewati proses validasi oleh validator ahli media dan ahli materi dengan menggunakan angket atau lembar validasi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 90% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 93,3% dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan hasil validasi oleh kedua ahli, maka diperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata keseluruhan sebesar 91,65% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi pecahan di kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Suwawa yang dikembangkan sangat layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, game edukasi, Android, Pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011