Penulis / NIM
WILANA I MOHAMAD / 151417117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Wilana I. Mohamad. 2021. Deskripsi pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di kelas rendah sekecamatan kota tengah di masa pandemi covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai , S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana deskripsi pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di kelas rendah sekecamatan kota tengah dimasa pandemi covid-19. Adapun tujuan penelitian untuk untuk mendeskripsikan pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika dikelas rendah sekecamatan kota tengah dimasa pandemi covid-19. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskripsi. Subjek penelitian yaitu guru kelas rendah Sekecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo sebanyak 30 guru.
Hasil penelitan menunjukkan pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di kelas rendah Sekecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo Ditinjau dari capaian tujuh indikator terhadap pembelajaran daring, indikator pertama personal siswa mengikuti model pembelajaran memperoleh skor = 74, indikator kedua penggunaan sistem pada model pembelajaran memperoleh skor = 65, indikator ketiga kenyamanan siswa belajar = 72, indikator keempat perilaku siswa belajar = 64, indikator kelima interaksi siswa dengan guru dalam pembelajaran = 73, indikator keenam kecepatan umpan balik siswa dalam menerima materi yang diajarkan = 63, dan indikator ketujuh kemudahan guru mengontrol aktivitas siswa = 67 sehingga pembelajaran daring yang digunakan guru diperoleh nilai rata-rata = 67 %. Ditinjau dari capaian indikator di sepuluh SD yang menjadi lokasi penelitian, di SDN 71 Kota Tengah memperoleh persentase = 55 %, SDN 72 Kota Tengah = 89 %, SDN 73 Kota Tengah = 75 %, SDN 74 Kota Tengah = 55%, SDN 75 Kota Tengah = 82 %, SDN 76 Kota Tengah = 78 %, SDN 77 Kota Tengah = 70 %, SDN 78 Kota Tengah = 56 %, SDN 79 Kota Tengah = 71 % dan SDN 80 Kota Tengah = 68 % sehingga capaian indikator di sepuluh sekolah yang menjadi lokasi penelitian diperoleh nilai rata-rata = 70 %. Simpulan bahwa capaian indikator diperoleh nilai rata-rata = 67 % dan capaian indikator di sekolah diperoleh nilai rata-rata = 70 %
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Download berkas