Penulis / NIM
SASA AYU SUTENDI / 151417119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Sasa Ayu Sutendi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Smart Book Pada Muatan IPA Materi Siklus Air Siswa Di Kelas V SDN 10 Kwandang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/ kegiatan sebagai media. Pada penelitian ini PjBL dikombinasikan dengan media Smart Book. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PjBL dengan bantuan media smart book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi siklus air di SDN 10 Kwandang. Tujuan penelitian untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SDN 10 Kwandang dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media Smart Book. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 10 Kwandang sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi dan tes.
Pada wawancara awal hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebanyak 8 orang atau 40% dari jumlah siswa 20 orang. Pada pembelajaran siklus 1 siswa yang memiliki nilai ketuntasan mininimum berjumlah 11 orang atau 55%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 orang atau 85%. Berdasarkan hasil peneleitian dapat disimpulkan bahwa melalui model PjBL berbantuan dengan media smart book dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 10 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Media Smart Book, Model Pembelajaran PjBL
Download berkas