Penulis / NIM
EGRIYANTI LABANSIR / 151417121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstrak
Egriyanti Labansir. 2021. Peran guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di masa pandemi COVID-19 di SDN 8 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skipsi Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: I Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd,. Pembimbing: II Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di masa pandemi COVID-19 di SDN 8 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo? Dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di masa pandemi COVID-19 di SDN 8 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di masa pandemi COVID-19 di SDN 8 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo guru telah berupaya dalam menjalankan perannya sebagai seorang guru dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar di masa pandemi COVID-19 di SDN 8 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo yang dilakukan dengan mengajak siswa belajar di lingkungan alam untuk melakukan pengamatan dan pengelompokan hasil dari pengamatan yang mereka peroleh. Guru mampu memanfaatkan beberapa tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar lingkungan sebagai contoh konkrit dalam proses pembelajaran. Ini menunjukan bahwa dengan menggunakan lingkungan alam sebagai sumber belajar dapat memberi pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa untuk mencapai hal tersebut peran guru sebagai perencana, fasilitator, motivator, pembimbing, demonstrator dan evaluator harus dioptimalkan dalam proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Pandemi COVID-19
Download berkas