Penulis / NIM
AINUN TINGULI / 151417122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
AinunTinguli. 2022. Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Motivasi Belajar
Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana KotaGorontalo. Adapun tujuan penelitian untuk Mengetahui Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian yang di gunakan yaitu penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo sebanyak 17 siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pembelajaran IPS di Kelas V di SDN 87Sipatana Kota Gorontalo di peroleh nilai rata-rata skor motivasi belajar siswa sebesar 80,05%. Nilai ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pembelajaran IPS masuk dalam kategori tinggi. Motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. indikator faktor intrinsik yaitu 1) tekun dalam menghadapi tugas; siswa selalu menyelesaikan tugas tepat waktu. Setiap ada tugas baru dari guru siswa langsung mengerjakannya. 2) ulet dalam menghadapi
kesulitan; ketika siswa menemukan soal yang sulit, siswa akan berusaha
mengerjakannya. Bila ada materi yang belum di pahami siswa akan bertanya pada guru lewat telepon/WA. 3) senang bekerja mandiri; dalam mengerjakan tugas siswa
menyelesaikan dengan kemampuannya sendiri. 4) senang mencari dan memecahkan masalah: siswa senang mengerjakan soal-soal baru dalam buku. Dalam keadaan tidak bertatap muka langsung dengan guru membuat siswa mencari sumber belajar lain dari internet, buku, atau menonton video animasi pembelajaran di youtube. Indikator faktor ekstrinsik yaitu 1) adanya harapan dan penghargaan; siswa termotivasi untuk belajar karena ingin mendapatkan nilai yang lebih baik dari teman-temannya. Mencapai prestasi belajar yang tinggi untuk bisa membuat orang tua dan guru bangga dengan prestasi mereka. 2) adanya kegiatan yang menarik dalam pembelajaran: Faktor lainnya karena guru mengajar menggunakan video pembelajaran yang membuat siswa senang.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.
Download berkas