SKRIPSI

Penulis / NIM
MUCHLIS SEPTIALDI ISMAIL / 151417124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Muchlis Septialdi Ismail. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Kemampuan Menghitung Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV MI AL-MOURKY. Skripsi. Jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Drs. Ismail Pioke, M.Pd dan pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si Masalah penelitian ini apakah terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) terhadap kemampuan menghitung luas segitiga pada siswa kelas IV MI AL-MOURKY Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) terhadap kemampuan menghitung luas segitiga pada siswa kelas IV MI AL-MOURKY Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian two group pretest and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 49 orang. Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menghitung siswa dikelas eksperimen sebesar 73,69 sedangkan rata-rata kemampuan menghitung dikelas kontrol sebesar 66,25. Artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf ���± = 0,05 atau 5% diperoleh nilai pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 2,119 dan t tabel= 1,67 dengan demikian t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) terhadap kemampuan menghitung luas segitiga pada siswa kelas IV MI- ALMOURKY Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Kemampuan Menghitung, Luas Segitiga, Model Pembelajaran RADEC
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011