Penulis / NIM
EXEL RIANTO DUKALANG / 151417125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Exel Rianto Dukalang. 2021. Analisis Pembelajaran Kontekstual di Kelas V (Studi Kasus Sekolah Dasar di Kawasan Danau Limboto). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Samsi Polalingo,S.Ag, MA, Pembimbing II : Muhammad Sarlin,S.Pd., M.Pd
Kondisi sosial ekonomi masyarakat merupakan bagian penting yang dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan. Hal ini terjadi karena ekonomi sangat penting dalam mendukung terselenggaranya pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi, kendala dan strategi yang dilakukan dalam aktualisasi pembelajaran kontekstual berbasis sosial ekonomi danau Limboto pada kelas V Sekolah Dasar di kawasan danau Limboto. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi pembelajaran kontekstual berbasis sosial ekonomi danau limboto pada tema tentang lingkungan telah dilaksanakan yang didesain melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru secara kontinue dan konsisten, kendala yang dihadapi dalam aktualisasi pembelajaran kontekstual berbasis sosial ekonomi danau Limboto pada tema lingkungan adalah kemampuan siswa yang kurang baik dalam memahami materi yang diajarkan, kurang adanya motivasi orang tua untuk mendorong anaknya belajar, siswa yang jarang masuk sekolah karena membantu pekerjaan orang tuanya dan strategi yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam aktualisasi pembelajaran kontekstual berbasis sosial ekonomi danau limboto pada temayaitu dengan melakukan pendekatan persuasif kepada orang tua agar mereka mengurangi porsi pekerjaan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar pada saat hari sekolah. Dalam konteks yang bersamaan guru melakukan home visit untuk melihat aktivitas yang dilakukan siswa di rumah. Guru mendampingi agar dapat belajar dengan baik dan memahami materi yang telah disampaikan dalam kegiatan tatap muka di sekolah.
Kata Kunci:Ekonomi, Kontekstual, Pembelajaran, Sosial.
Download berkas