Penulis / NIM
NURAIN AGUS PAKAYA / 151417127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Pakaya , Nurain Agus. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Spinning Wheel pada muatan pembelajaran PKn Kelas V di SDN 3 Kota Barat Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah."Bagaimana penggunaan media spinning wheel dapat meningkatan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran PKn di SDN 3 Kota Barat? Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) serta refleksi.
Hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siklus I terdapat 8 orang siswa yang tuntas (57%) dan tidak tuntas berjumlah 6 orang siswa (43%). Pada siklus II, mengalami peningkatan yaitu sebanyak 13 orang siswa (93%) dan tidak tuntas 1 orang siswa (7%). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 3 Kota Barat.. Hal ini ditinjau dari meningkatnya hasil belajar siswa 57% naik menjadi 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media spinning wheel terhadap hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran PKn di kelas V SDN 3 Kota Barat.
Kata Kunci : Spinning Wheel, Hasil belajar PKn
Download berkas