Penulis / NIM
TIA APRILIA MODANGGU / 151417130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
ABSTRAK
Modanggu A.Tia 2022. Implementasi Model Kooperatif Tipe Time Token Mixed Picture Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 sangkub 2 kabupaten bolaang mongondow utara. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ยข"Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token mixed picture puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Sangkub 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Sangkub 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Hasil penelitian hasil belajar siklus I dari 26 siswa dengan 14 siswa atau 53,8% yang tuntas sedangkan 12 atau 46,2% siswa belum tuntas. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami peningkatan dengan 24 siswa atau 92% yang tuntas, sedangkan 2 atau 8% siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe time token mixed picture puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema di Kelas IV SDN 1 Sangkub 2 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Tipe Time Token mixed picture puzzle
Download berkas