Penulis / NIM
SRI INDRIYANTI M. MANANG / 151417133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Sri Indriyanti M Manang, 2021. Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Belajar Dirumah SDN 41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si Dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana kondisi lingkungan keluarga (2)Bagaimana kepatuhan siswa dalam belajar dirumah (3)Apakah ada Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Belajar Dirumah Sdn No 41 Hulontalangi Kota Gorontalo.
Desain penelitian ini menggunakan survey deskriptif dan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Populasi dan sampel penelitian ini adalah keseluruhan siswa yang ada di SDN 41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Dari 423 siswa mulai dari kelas 1,2,3,4,5 dan 6, siswa yang menjadi sampel sebanyak 85 orang siswa, dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling).
Dari hasil uji determinasi model summary regresi linier sederhana diketahui besarnya nilai kolerasi/hubungan R square sebesar 0,427. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi R square sebesar 0,183 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (lingkungan keluarga) terhadap variabel terikat (kepatuhan siswa) adalah sebesar 18,3%. Maka kasimpulannya interpretasi R membuktkan pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepatuhan siswa dalam belajar di rumah berada dalam kategori sangat rendah dengan interval koefisien yaitu 0,00-0,199.
Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Kepatuhan Siswa
Download berkas