Penulis / NIM
JUMRIATI SUGEHA / 151417136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Jumriati Sugeha, 2021. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing 2 Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahApakah terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu angket, dan dokumentasi. Hipotesis yang peneliti ajukan adalah Ha: Apakah terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Dari hasil analisis menggunakan korelasi PPM (Person Product Moment) tentang kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo menunjukkan adanya pengaruh dimana korelasi PPM (Person Product Moment) di peroleh nilai rxy 0.363 lebih besar dari rtab 0,306 yakni 0,363 > 0,306. Perhitungan yang menggunakan rumus KP= rxy2 X 100%. Diketahui bahwa kontribusi kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 13.197%. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN No.41 Hulonthalangi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Kreativitas, Guru, Hasil Belajar
Download berkas