Penulis / NIM
MOHAMAD ADRIANTO HADJARATI / 151417140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Mohamad Adrianto Hadjarati. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Self-Directed Learning (SDL) pada Muatan Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas V SDN 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd. dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPA Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango?. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA tema 6 subtema 1 di Kelas V SDN 1 Bulango Utara melalui model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) yang berjumlah 10 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 90% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). Pada siklus I mengalami peningkatan 50%. hasil belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 90%. yang artinya pada siklus II meningkat 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan hasil belajar pada muatan IPA di kelas V SDN 1 Bulango Utara.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, SDL, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Download berkas