Penulis / NIM
NURAIN HULOPI / 151417141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Nurain Hulopi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Di Kelas V SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi., Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 7 di Kelas V SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada mata pelajaran IPA Tema 7 di Kelas V SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 26 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model Discovery Learning dalam muatan pelajaran IPA maka hasil belajar siswa pada tema 7 di kelas V SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat�.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada muatan pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 12 orang siswa dengan presentase 46%, sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 orang siswa dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning, IPA.
Download berkas