Penulis / NIM
TAHIR DALANGGO / 151417145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
Tahir Dalanggo, 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Di Kelas IV SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan media gambar kemampuan siswa menulis puisi di kelas IV SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui media gambar. Subyek penelitian ini siswa kelas IV dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 8 orang pria dan 5 orang wanita. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui media gambar. Pada siklus I terdapat 46% atau 6 orang memperoleh kriteria mampu dan dan 7 orang atau 54% memperoleh kriteria belum mampu dan pada siklus II meningkat menjadi 85% atau 11 orang memperoleh kriteria mampu, dan 15% atau 2 orang siswa memperoleh kriteria belum mampu. Dengan Melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar, maka kemampuan siswa dalam menulis puisi dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Media Gambar
Download berkas