Penulis / NIM
IKHWAN NURRAHIM PANIGORO / 151417146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
Ikhwan Nurrahim Panigoro. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukuran Panjang Pada Siswa Kelas IV SDN 8 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar satuan ukuran panjang pada siswa kelas IV SDN 8 Tilango Kabupaten Gorontalo ? Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin meneliti pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil satuan ukuran panjang pada siswa kelas IV SDN 8 Tilango. Adapun tujuan penelitian ini adalah: ..."untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar satuan ukuran panjang pada siswa kelas IV SDN 8 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang peneliti pakai adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretes-posttest dan sampel yang dipilih menggunakan teknik sample jenuh yaitu kelas IV SDN 8 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan thitung = 5,87 > ttabel = 4,87 pada tingkat signifikan �± = 0,5 derajat kebebasan (db= n-1). Dengan demikian thitung > ttabel : ini berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Simpulan terdapat pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar satuan ukuran panjang pada siswa kelas IV SDN 8 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci:Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Satuan Ukuran Panjang.
Download berkas