Penulis / NIM
JIHAN PRATIWI BILONDATU / 151417148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Jihan Pratiwi Bilondatu. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN No. 19 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S,Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah..."Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 8 Materi Gaya Dan Gerak di Kelas IV SDN No. 19 Dungingi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 8 Materi Gaya Dan Gerak di kelas IV SDN No. 19 Dungingi Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Audio Visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPA sebanyak 5 orang siswa dengan presentase 62%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 9 orang siswa dengan presentase 82%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunkan model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN No. 19 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Media Audio Visual, IPA
Download berkas