Penulis / NIM
PRATIWI INOMBI / 151417149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Pratiwi Inombi 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 Materi Siklus Air Melalui Model Experiential Learning di Kels V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 8 materi siklus air dikelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo dengan menggunakan model Experiential Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPA sebanyak 17 orang siswa dengan presentasi 50%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 17 orang siswa dengan presentase 80%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN No 19 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Experiential Learning, IPA
Download berkas