Penulis / NIM
AAN A. HIBALU / 151417150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
AAN A. HIBALU. 2021. Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si. Jurusan pendidkan guru sekolah dasar, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah penelitian ini apakah Manajemen Kelas Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN 17 Limboto Barat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Angket dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang.
Hasil peneltian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas v di SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. artinya semakin baik manajemen kelas maka semakin baik motivasi belajar siswa di SDN 17 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Besar pengaruh dari manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa mencapai 16,40% sisanya sebesar 83,60% di pengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci : Manajemen Kelas, Motivasi Belajar
Download berkas