Penulis / NIM
SRI MUSTIKAWATI LABACO / 151417154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Sri Mustikawati Labaco. NIM 151417154. "Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi Bangun Segitiga Melalui Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi.2022, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan Mengklasifikasi bangun segitiga Pada siswa kelas Iv SDN 2Tapa Kabupaten Bone Bolango Dapat ditingkatkan melalui teori Van Hiele. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasi bangun segitiga melalui teori Van Hiele pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, Perencanaan,Pelaksanaan Tindakan, Pemantauan dan Evaluasi, Serta analisis dan refleksi
Hasil Penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I sebanyak 9 (45%) siswa dari 19 Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 75% siswa memperoleh nilai 70 ke atas sehingga dilanjutkan dilanjutkan siklus II. Pada siklus II Meningkat menjadi (18%) yang memperoleh nilai 70 ke atas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan mengklasifikasi bangun segitiga melalui teori Van Hiele pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango
Download berkas