Penulis / NIM
REFSIANI NOHO / 151417156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
Refsiani Noho. 2022. Analisis dampak reward and punishment dalam memotivasi belajar peserta didik SDN 2 Kabila. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakuktas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : Dampak reward and punishment dalam memotivasi belajar peserta didik di SDN 2 Kabila. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SDN 2 Kabila berdampak positif bagi siswa. Dalam kaitannya dengan pembelajaran dan kedisiplinan guru menerapkan metode untuk memberikan motivasi kepada siswa agar lebih patuh dan tertib segala peraturan yang ditetapkan sekolah. Salah satu kebutuhan yang dimilki siswa adalah kebutuhan reward yang terdapat dalam kebutuhan intelektual. Dalam prakteknya pemberian reward and punishment digunakan oleh guru sebagi bentuk penguatan, stimulus dalam mendidik siswa. Reward diberikan oleh guru kepada siswa dengan memberikan hadiah atas hal postif yang dilakukan oleh siswa. Pemberian reward dimaksudkan untuk membentuk anak lebih giat lagi usahanya untuk bekerja dan berbuat lebih baik lagi. Punishment diberikan oleh guru kepada siswa karena siswa melakukan pelanggaran atau kesalahan. Punishment akan membuat siswa menyesali perbuatannya yang salah itu.
Kata kunci : Reward and Punishment,Motivasi Belajar
Download berkas