Penulis / NIM
IKE PRIMITHA BADARU / 151417176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Ike Primitha Badaru. 2021 Pengaruh Model Example Non Exmple Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di kelas V SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Drs. Haris Mahmud, S.Pd M.Si, Pembimbing II : Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model example non example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model example non example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuntitatif eksperimen dengan desain pre-experimental (one group pre-test dan post-test design). Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes
Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 12 siswa, setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata untuk pretest 32,91 sedangkan nilai rata-rata posttest 88,33, dan untuk hasil pengujian pretest dan posttest denga uji t thitung sebesar 19,43 sedangkan dari daftar distribusi di peroleh harga tdaftar sebesar 2,228 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dalam hal ini terdapat pengaruh yang signifikan antara model example non example terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 9 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Model Example Non Example, Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial
Download berkas