Penulis / NIM
MEYLANA POU / 151417177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Meylana Pou. 2021. Penggunaan Metode Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV di masa pandemik pada mata pelajaran IPS di SDN 89 Sipatana, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd. Pembimbing II Dra Hakop Walangadi, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam Tindakan adalah Apakah dengan menggunakan Metode Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV di masa pandemik pada mata pelajaran IPS di SDN 89 Sipatana?. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV di masa pandemi melalui Metode Pemberian Tugas di SDN 89 Sipatana. Model yang digunakan dalam Tindakan ini adalah pendekatan tindakan kelas. Tindakan ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Tes, observasi dan dokumentasi. Sampel Tindakan ini adalah siswa kelas IV sebanyak 24 orang.
Hasil tindakan kelas menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 89 Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat. Hal ini berdasarkan hasil yang di peroleh dari hasil observasi awal menunjukan ada 5 siswa yang tuntas dengan presentase 21% dan ada 19 orang yang tidak tuntas dengan presentase 79%. Siklus I pertemuan pertama ditemukan bahwa 8 orang yang tuntas dengan presentase 33,33% dan sisanya 16 orang belum tuntas dengan persentase sebesar 66,67 %. Maka dari itu tindakan dilanjutkan Pada siklus I pertemuan kedua. Pada Siklus I pertemuan kedua terdapat 17 orang dikategori tuntas dengan presentase 70,8% sedangkan 7 orang belum tuntas dengan nilai presentase 29,2%. Maka dari itu tindakan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II terdapat 20 orang dikategori tuntas dengan presentase 83,4% sedangkan 4 orang belum tuntas dengan nilai presentase 16,6%. Hal ini menunjukkan pada Siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan sehingga pada siklus II ini bisa dikatakan sudah optimal. Dengan menggunakan taraf nyata sebesar 100%.
Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Pemberian Tugas
Download berkas