Penulis / NIM
NURFADILA PAPUTUNGAN / 151417180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Nurfadila Paputungan 2021. Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi di SDN 03 Kabila Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsi Pomalingo S.Ag,. M.A dan Pembimbing II Muhammad Sarlin S.Pd., M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi di SDN 03 Kabila Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai karakter pada siswa di SDN 03 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ditemukan strategi guru dalam menanamkan nilai karakter siswa selama pembelajaran daring itu ada 8 (delapan) karakter, yaitu (a) nilai karakter tanggungjawab, (b) nilai karakter disiplin, (c) nilai karakter jujur, (d) nilai karakter mandiri, (e) nilai karakter kreatif, (f) nilai karakter toleransi, (g) nilai karakter peduli sosial, dan terakhir (h) nilai karakter cinta damai.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun karakter anak bangsa yang baik, kemudian penanaman karakter harus diajarkan sejak dini melalui jenjang pendidikan dasar. Implemantasi pendidikan karakter pada peserta didik harus dilakukan dengan melalui pembiasaan setiap hari maupun integrasi dengan kegiatan pembelajaran dikelas sehingga siswa dapat menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.
Kata Kunci : Guru, Karakter, Daring
Download berkas