Penulis / NIM
NOVITA DUNGGI / 151417185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Novita Dunggi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo
Masalah penilitian ini apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo Desain yang digunakan dalam penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 48,0 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest adalah 81,3. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada signifikan �± = 0,05 dan db = n-1didapat thitung 4,21 dengan ttabel adalah 2,14 atau ( thitung 4,21 ttabel 2,14 ). Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar bilangan romawi kelas IV SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo
Kata kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Bilangan Romawi
Download berkas