Penulis / NIM
SINTIA SULEMAN / 151417187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Suleman. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Model Talking Stick Pada Siswa Kelas III SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Model Talking Stick Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas III SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat melalui model talking stick pada kelas III SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus di Kelas III SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini awal observasi dan dokumentasi.
Observasi awal diperoleh data dari jumlah 18 siswa yang hanya 5 siswa atau 28% yang mampu. Sedangkan yang tidak mampu 13 siswa atau 72%. Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 10 orang 56%, sedangkan yang mendapatkan nilai belum tuntas masih berjumlah 8 orang 44%. Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai mampu berjumlah 16 orang 89%.Sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 orang atau 11%. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model talking stick kemampuan membaca cepat siswa kelas III SDN 9 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Cepat, Model Talking Stick.
Download berkas