Penulis / NIM
DESRI S. PALU / 151417189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Desri S. Palu. 2021. Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Materi Rumus Volume Kubus Siswa Kelas III Di SDN 17 Paguyaman, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Asni Ilham, S.Pd., M.pd Pembimbing II Ismail Pioke, M.Pd
�
Masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat Pengaruh metode inquiry terhadap materi rumus Volume Kubus pada siswa kelas III di SDN 17 Paguyaman?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh metode inquiry terhadap Pemahaman Konsep Volume Kubus pada siswa kelas III di SDN 17 Paguyaman. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 25 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh metode inquiry terhadap Pemahaman Konsep Volume Kubus secara signifikan terhadap Kemampuan Matematika Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 49,4 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 80,2 Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = didapat thitung 7,908 dengan ttabel adalah 2,063 atau (thitung 7,908 tabel 2,063) Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas III di SDN 17 Paguyaman.
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Inquiry
Download berkas