Penulis / NIM
RIFALDO LADUNTA / 151417190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Rivaldo Ladunta. 2021. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode LSQ(Learning Start With A Question) Berbantuan Dengan Media Kartu Kuartet Pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Telaga Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Metode Pembelajaran LSQ Berbantuan Media Kartu Kuartet dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 4 Telaga Jaya?. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran LSQ Berbantuan Media Kartu Kuartet di Kelas IV SDN 4 Telaga Jaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 80% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode learning start with a question (LSQ) berbantuan media kartu kuartet di kelas IV SDN 4 Telaga Jaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 56%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 87%. yang artinya pada siklus II meningkat sebesar 32 %. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian yakni dengan menggunakan metode LSQ berbantuan media kartu kuartet siswa mampu berdiskusi dengan kelompok kecil, mampu mengemukakan ide serta gagasan, mampu mempresentasikan jawaban di depan kelas, serta lebih percaya diri sehingga berdampak baik pada peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:Model Pembelajaran LSQ, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn
Download berkas