Penulis / NIM
ADELIA PUTRI ANTU / 151417192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian adalah "Apakah penerapan model pembelajaran cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Pada tema 8 subtema 1 Tentang Gaya dan Gerak di SDN 6 Sumalata Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pada tema 8 subtema 1 Tentang Gaya dan Gerak di SDN 6 Sumalata Timur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar khususnya pada pelajaran IPA Tema 8 subtema 1 di kelas IV SDN 6 Sumalata Timur. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yakni 8 orang yang tuntas dengan presentase 44,44%. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 16 siswa atau dengan presentase 89%. Hasil belajar tindakan siklus II menunjukan pencapaian hasil belajar melebihi dari indicator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%.
Abstract
The formulation of the problem in the research was "Is the application of the cooperative learning model effective in improving student learning outcomes in class IV on the theme 8 sub-themes 1 about style and motion at SDN 6 East Sumalata?". The purpose of this study was to find out the Application of the Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class IV on theme 8, sub-theme 1 About Style and Movement at SDN 6 East Sumalata.
The results of the study show that using the Cooperative Learning learning model can improve student learning outcomes in the teaching and learning process, especially in the Science subject, Theme 8 sub-theme 1 in class IV SDN 6 East Sumalata. This can be seen from the student learning outcomes obtained in cycle I, namely 8 people who completed with a percentage of 44.44%. The learning outcomes obtained in cycle II increased to as many as 16 students or with a percentage of 89%. The learning outcomes of the second cycle of action show the achievement of learning outcomes beyond the predetermined performance indicators, namely 80%.
Download berkas