Penulis / NIM
FEBRY N. MAABU / 151417193
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Febry N Maabu, 2021. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Pembelajaran Paired Story Telling Di Kelas Iv SDN 13 Limboto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini "Apakah Metode Pembelajaran Paired Story Telling dapat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Di Kelas IV SDN 13 Limboto ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Paired Story Telling Pada Siswa di Kelas IV Sdn 13 Limboto. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari jumlah 20 siswa dan yang tidak mampu terdapat 12 orang atau sebanyak (60%). Setelah dikenai tindakan pada siklus I pertemuan pertama kemampuan berbicara siswa yang mampu menjadi 11 orang atau (55%). Kemudian pada siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan yaitu 12 orang siswa yang mampu atau sebanyak (60%), pada siklus II pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan menjadi 16 orang siswa yang mampu berbicara atau sebanyak (80%). Disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Paired Story Telling kemampuan berbicara pada siswa melalui Metode Pembelajaran Paired Story Telling Kelas IV di SDN 13 Limboto meningkat.
Kata Kunci : Berbicara, Paired Story Telling
Download berkas