Penulis / NIM
FRIEND PUTRA PRANANDA BADJUKA / 151417201
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
Friend Putra Prananda Badjuka. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Evi Hasim, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, apakah melalui media audio visual kemampuan menulis teks certa pada siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo, subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo yang terdiri dari 21 siswa laki-laki sebanyak 7 siswa sedangkan siswa perempuan terdiri dari 14 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerita setelah diadakan tindakan melalui penggunaan media audio visual. Hasil Observasi awal menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa (25%) yang memiliki rata-rata tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks dengan baik baik. Adapun indicator penilaian yang digunakan oleh peneliti yaitu, Kesesuaian isi Tulisan dengan Bacaan cerita dengan Film yang diputar. (2) Keruntutan isi cerita (3) Ketepatan Pemilihan Kosa kata yang sesuai dan ejaan. Pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 siswa (60%). Selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu menjadi 85% atau sebanyak 18 dari 21 siswa yang ada di SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo telah mampu menulis teks cerita dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audio visual.
Kata Kunci: teks cerita, audio visual
Download berkas