Penulis / NIM
MOH. YUSNADI R. PULUHULAWA / 151417204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Yusnadi R. Puluhulawa. 2021. Deskripsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Memotivasi Kinerja Guru di SD Laboratorium UNG.Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed, Pembimbing II : Dr. Asni Ilham, M.Si
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Laboratorium UNG. (2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD laboratorium UNG (2) untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah SD Laboratorium UNG.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Laboratorium UNG lebih mengarah ke Kepemimpinan Demokratis dan karismatik. Demokratis, karena kepala sekolah tidak memaksakan kehendak, selalu mendengarkan kritik dan saran dari para guru dan warga sekolah lainnya. Karismatik, Kepala Sekolah menunjukan sifat berwibawa yang dimana ia tidak menujukkan bahwa ia adalah seorang penguasa ia tetap berbawur dengan para guru dan warga sekolah lainnya. Akan tetapi dengan hal tersebut tidak mengurangi kewibawaan seorang kepala sekolah. Dan peran kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru yaitu dengan pengadaan workshop-workshop tentang pembuatan RPP, serta pembelajaran yang menarik. Dan upaya lainnya dengan memberikan penghargaan (Reward) teradap guru yang berprestasi dan berkinerja baik.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kinerja Guru
ABSTRACT
Puluhulawa, Moh. Yusnadi R. 2021. Principal Leadership Styles in Motivating Teacher Performance in UNG Laboratory Elementary School. Undergraduate Thesis. Study Program of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed. Co-supervisor: Dr. Asni Ilham, M.Si.
Generating from the problem statement, this qualitative research explored principal leadership styles and roles in motivating teacher performance. The subject involved was the principal of UNG Laboratory Elementary School.
The results indicated that the principal's leadership styles were democratic and charismatic. In terms of the democratic style, the principal did not impose his/her will and was open to criticism and suggestion from teachers and other school members. The principal also had a charismatic style, in which s/he was an authoritative person, yet always mingled with teachers and school members. In addition, the principal roles in motivating teacher performance included conducting workshops on lesson plan preparation and attractive learning process and giving rewards to high-performing teachers.
Keywords: Principal Leadership, Teacher Performance Motivation
Download berkas