Penulis / NIM
ABDUL RAHMAN DJAFAR ADU / 151417207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Rahman Djafar Adu. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Expicit Instruction Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 9 Subtema 1 Kelas V SDN 4 Talagaa Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Dr. Rustam I Husain S.Ag, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model Expicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA tema 9 subtema 1 kelas V SDN 4 Talaga Jaya?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Expicit Instruction pada muatan pelajaran IPA tema 9 subtema 1 siswa kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 90% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Expicit Instruction pada siswa kelas V SDN 4Talaga Jaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Expicit Instruction. Pada siklus I mengalami peningkatan 50%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 90% yang artinya pada siklus II meningkat 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Expicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar pada muatan pelajaran IPA tema 9 subtema 1 di kelas V SDN 4 Talaga Jaya.
Kata Kunci: Model Expicit Instruction, Hasil Belajar, Pelajaran IPA
Download berkas