Penulis / NIM
RAISAL RAMLI LIDJALI / 151417209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Raisal Ramli Lidjali. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "apakah media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui media Audio Visual di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 80% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Audio Visual di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 50%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 90%. yang artinya dari siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 40%. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian yakni dengan menggunakan media Audio Visual siswa mampu berdiskusi dengan kelompok kecil, mampu mengemukakan ide serta gagasan, mampu mempresentasikan jawaban di depan kelas, serta lebih percaya diri sehingga berdampak baik pada peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Download berkas