SKRIPSI

Penulis / NIM
OKTARIANTI ADAM / 151417214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK Oktarianti Adam. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas IV SDN 3 Botupingge Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, S.Ag.,M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV SDN 3 Botupingge Kabupaten Bonebolango?. Tujuan penelitian ini ini adalah model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV SDN 3 Botupingge Kabupaten Bonebolango. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model think, pair, share (TPS) di kelas IV SDN 3 Botupingge Kabupaten Bonebolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS. Pada siklus I meningkat menjadi 55%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86%. yang artinya pada siklus II meningkat sebesar 31%. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian yakni dengan menggunakan model TPS siswa mampu berdiskusi dengan kelompok kecil, mampu mengemukakan ide serta gagasan, mampu mempresentasikan jawaban di depan kelas, serta lebih percaya diri sehingga berdampak baik pada peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Model Pembelajaran TPS, Hasil Belajar, Pelajaran Bahasa Indonesia
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011