Penulis / NIM
SARA MEIDELIN SARWA / 151417216
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstrak
Sara, Meidelin Sarwa. 2022. "Upaya Guru Dalam Memanfaatkan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Selatan Kota Gorontalo". Pembimbing 1 Dr. Rustam I. Husain, S. Ag, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskripsi. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menerapkan media audio visual di kelas IV SD Laboratorium UNG pada pembelajaran IPS sudah berjalan dengan efektif. Guru menerapkan media pembelajaran audio visual dengan melihat berbagai aspek baik itu dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, pemilihan video yang di download dari youtube maupun video pembelajaran yang dibuat oleh guru yang bersangkutan. Media pembelajaran audio visual cocok digunakan di sekolah dasar khususnya di kelas IV pada pembelajaran IPS mengingat respon belajar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan ini sangat berdampak pada hasil belajar siswa. Upaya guru dalam menerapkan media audio visual di kelas IV pada pembelajaran IPS tentunya terdapat kekurangan dan kelebihan, hal ini menjadi patokan utama guru kelas IV di SD Laboratorium UNG untuk belajar dari kekurangan dan kelebihan yang didapat secara langsung dalam pembelajaran menggunakan media audio visual untuk memperbaiki kesalahan agar dapat terciptanya kualitas pembelajaran yang lebih baik.
Kata Kunci: Upaya Guru, Penerapan Media Audio Visual, Efektif
Download berkas