SKRIPSI

Penulis / NIM
DASYA DAUD / 151418001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Dasya Daud. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V Di SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hakop Walangadi, S.Pd., M.Si Pembimbing 2 Drs. Haris Mahmud, M.Si Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah pada penelitan ini adalah "Apakah melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Telaga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V di SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersiklus melalui empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 17 orang. Hasil yang diperoleh dari siklus I ditemukan 17 siswa yang tuntas dengan presentase 59% dan yang tidak tuntas 12 siswa dengan presentase 41%. Maka pada tahap siklus I masih perlu dilakukan refleksi sehingga bisa meningkatkan hasil belajar IPS. Kemudian, hasil yang diperoleh pada siklus II terdapat peningkatan dimana 25 siswa yang tuntas dengan presentase 86% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan presentase 14%. Sebagaimana indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu, minimal 80% siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Melihat hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Proses
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011