Penulis / NIM
NURAIN SALEH / 151418004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Saleh Nurain, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Haris Mahmud, dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A
Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPS Dapat Ditingkatkan Melalui Pendekatan Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 7 Telaga Biru. Tujuan Penelitian, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 7 Telaga Biru. Pendekatan penelitian ini, Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test uraian sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 14 siswa dengan presentase 63,6%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 19 siswa dengan presentase 86,36% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Download berkas