Penulis / NIM
RIFALDO LATANDO / 151418007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
Rifaldo Latando. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads together Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 17 Dungingi? Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads together Berbantuan Media Audio Visual pada pembelajaran IPS kelas V SDN 17 Dungingi. Subyek penelitian merupakan siswa kelas V SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 23 siswa dengan presentase 74%, dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa dengan presentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 17 Dungingi dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together, IPS
Download berkas