Penulis / NIM
INDRIYANI RAUF / 151418010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Rauf, Indriyani. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah Terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo? (2) Apakah Terdapat Pengaruh Model Konvensional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo? (3) Manakah Pengaruh Yang Lebih Tinggi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Antara Model Problem Based Learning dan Model Konvensional?. Tujuan penelitian, (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Konvensional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Kalor Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Yang Lebih Tinggi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Antara Model Problem Based Learning dan Model Konvensional. Model penelitian ini, pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (pretest-posttest) sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 40 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa.
Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41 meningkat menjadi 82,6 (posttest) dan hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol berada pada kategori sedang yaitu diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 37 meningkat menjadi 56,2 (posttest). Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan taraf signifikan 0,05 (95% berpengaruh, 5% tidak berpengaruh) yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,048 > 2,024 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi kalor di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Download berkas