Penulis / NIM
SITTI RAINITA PAPUTUNGAN / 151418012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
Abstrak
Paputungan, Sitti Rainita 2022. Pengaruh penggunaan media diorama melalui model talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga. skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. dan pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media diorama siklus air melalui model talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama siklus air melalui model talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Telaga yang berjumlah 26 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji normalitas dan dari uji tersebut data berdistribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t adalah thitung 2,907 lebih besar dari ttabel 1,675, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama siklus air melalui modeli talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga.
Kata Kunci : Media Diorama, Talking Stick, Hasil Belajar
Download berkas