Penulis / NIM
SYAHRUL HUNTOYUNGO / 151418013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Syahrul Huntoyungo. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Probing Promting Pada Muatan Pelajaran IPATema 8 Di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo . Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 8 di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA tema 8 di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindak kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPA sebanyak 18 orang siswa dengan presentase 69%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 24 orang siswa dengan presentase 92%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Probing Promting. IPA
Download berkas