Penulis / NIM
AQILA VADYA HAYA MOKODOMPIT / 151418014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstrak
ABSTRAK
Aqila Vadya Haya Mokodompit. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univers itas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd Dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Pada observasi awal dari 15 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran berjumlah 4 siswa dengan presentase 26,67%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 15 siswa yang hadir hanya 13 orang siswa. Yang aktif dalam pembelajaran meningkat menjadi 7 orang siswa atau 353,84% dan 6 orang siswa atau 46,15% yang kurang aktif dalam pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II yang hadir dalam pembelajaran hanya 11 orang siswa dan sudah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 9 orang siswa atau 81,81% yang aktif dalam pembelajaran dan 2 orang siswa atau 18,18% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo sebesar 81,81%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Keaktifan Belajar, IPA.
Download berkas