Penulis / NIM
SRI HANDAYANI / 151418015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sri Handayani, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 berbasis pendidikan karakter, mengetahui kelayakan dan proses penggunaan perangkat pembelajaran di kelas V sekolah dasar Kota Gorontalo yang diharapkan mampu menyiapkan peserta didik yang good and smart citizen di masa depan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Thiagarajan yaitu define, design, development, dan dessimination, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development.
Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran abad 21 sehingga dipercaya mampu meningkatkan keterampilan-keterampilan peserta didik yang dibutuhkan di abad 21. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan pengguna yakni, memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata persentase 98,10% dan dinyatakan sangat layak digunakan oleh guru dan peserta didik di sekolah dasar. Adapun hasil uji coba terbatas (uji proses) yang dilaksanakan di kelas V SD Laboratorium UNG memperoleh hasil sangat bagus dari guru maupun peserta didik.
Dengan demikian, hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 kelas V yang dipercaya mampu menumbuhkembangkan peserta didik yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi sehingga bermuara pada good and smart citizen.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Pendidikan Karakter, Good and Smart Citizen
Download berkas